header-int

Fakultas Teknik UMB Gelar Pelatihan dan Uji Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi

Sabtu, 24 Feb 2024, 22:51:12 WIB - 255 View
Share
Fakultas Teknik UMB Gelar Pelatihan dan Uji Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi

Bungo, universitasmuarabungo.ac.id- Fakultas Teknik Universitas Muara Bungo (UMB) adakan Pembekalan dan Uji Sertifikasi Kompetensi Tenaga Kerja Konstruksi Jenjang 4,6, dan 7 Tahun Anggaran 2024. 

Bekerjasama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah II Palembang, Kementerian PUPR dan UMB, kegiatan Pembekalan dan Uji Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi untuk Jenjang 4, 6 dan 7 Tahun Anggaran 2024 ini digelar selama dua hari,  Kamis dan Jumat (22-23/2/2024) di Kampus 1 UMB, Sungai Binjai Kabupaten Bungo.

Dekan Fakultas Teknik UMB Sucitra Wijaya, S.T.,M.Sc ketika dihubungi menyampaikan bahwa Undang-Undang No. 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi (UUJK) pasal 70 ayat (1) mengamanatkan bahwa setiap Tenaga Kerja Konstruksi (TKK) yang bekerja di bidang jasa konstruksi wajib memiliki Sertifikat Kompetensi Kerja.

“Kegiatan ini sangat positif sekali dan sangat bermanfaat bagi alumni Universitas Muara Bungo apalagi kegiatan ini dilaksanakan setahun sekali. Tujuannya mendukung program pembangunan SDM konstruksi Indonesia, pada Tahun Anggaran 2024”, Ucap Sucitra Wijaya.

Lebih lanjut Sucitra Wijaya menyampaikan bawa Direktorat Jenderal Bina Konstruksi melalui Balai Jasa Konstruksi Wilayah II Palembang melaksanakan pembekalan dan uji sertifikasi program vokasi dengan target sasaran sebesar 2.075 peserta yang terdiri dari siswa SMK, mahasiswa Politeknik dan Universitas.

“Pembekalan dan uji sertifikasi tenaga kerja konstruksi ini merupakan kesempatan para alumni untuk menunjukan kemampuan dan pengetahuannya, sehingga nantinya sertifikasi yang didapat sesuai dengan kemampuan yang diimplementasikan”, ujar Dekan Fakultas Teknik.

Kegiatan dibuka secara langsung oleh Dekan Fakultas Teknik, Sucitra Wijaya, S.T.,M.Sc yang diwakilkan Wakil Drkan 1, Irfan Satria Permana, S.T.,M.Sc.  

Diikuti sekitar 30 Mahasiswa dengan bidang keilmuan dari Fakultas Teknik UMB, Sucitra Wijaya berharap kegiatan pembekalan dan uji sertifikasi ini dapat meningkatkan dan menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) dari UMB di bidang konstruksi yang kompeten.

“Uji kompetensi dan sertifikasi kali ini untuk jenjang 4, 6 dan 7, nantinya setelah lulus dan punya pengalaman kerja di bidang konstruksi, maka dapat mengikuti uji kompetensi level 7. Dan terus dapat meningkatkan pada jenjang yang lebih tinggi lagi”, Jelas Sucitra.

Sucitra Wijaya juga memaparkan untuk Uji kompetensi ini terdapat beberapa bidang terkait pengetahuan, dan keterampilan.

“Untuk meningkatkan kemampuan SDM bidang jasa konstruksi yang berkelanjutan sangat diperlukan melalui uji sertifikasi dan kompetensi. Hal ini agar SDM yang dihasilkan produktif dan kompeten”, Tambah Dekan Fakultas Teknik ini. (Humas)

UMB Perubahan bentuk Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Muara Bungo menjadi komitmen Pemerintah Kabupaten Bungo yang diprakarsai oleh Bupati Bungo Bapak H. Zulfikar Achmad untuk mencapai masyarakat sejahtera, adil dan makmur lahir bathin dengan upaya menanggulangi krisis bidang ekonomi, politik, hukum, agama dan sosial budaya. Universitas Muara Bungo dipersiapkan menjadi Perguruan Tinggi untuk mengantisipasi pergeseran paradigma pengembangan yang semula berbasis inti (Content-Bases) menjadi berbasis kompetensi (Competence-Bases) dengan menitikberatkan terwujudnya sinergi dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap, sehingga pada akhirnya lulusan Universitas Muara Bungo memiliki kompetensi kepribadian dan kompetensi profesi.
© 2024 Universitas Muara Bungo Follow Universitas Muara Bungo : Facebook ig Linked Youtube