Rabu, 01 Februari 2023, WIB
Breaking News

Selasa, 17 Jan 2023, 12:55:28 WIB, 100 View Angga Saputra, Kategori : Berita

Foto Tim LPPM UMB Survey Kukerta yang berlangsung di Kabupaten Merangin.

Merangin, akademicanews.com – Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Muara Bungo, atau di singkat LPPM UMB menggelar Survey Lapangan untuk Persiapan KUKERTA (Red - Kunjungan Kerja Nyata Mahasiswa) Mahasiswa UMB, Rabu tanggal 11 Januari 2023 kemarin, Kamis (12/01/2023).

Keterangan dari Ketua LPPM UMB, Dr. Syafrialdi, S.Pi., M.Pi memaparkan, bahwa ini adalah Survey Lapangan untuk kegiatan Kukerta Mahasiswa Universitas Muara Bungo yang Ke-23 (Red – Dua Puluh Tiga) Ke-3 (Tiga) Kabupaten, yaitu Bungo, Tebo dan Merangin.

“Hari ini kita melaksanakan Survey Kukerta yang ke-23 dan ini survey perdana dengan tujuan ke Kabupaten Merangin yaitu ke Kecamatan Tabir Lintas dan Kecamatan Jangkat” Ujar Kepala LPPM Universitas Muara Bungo.

Foto Kepala Desa Koto Renah sedang menandatangani dokumen yang di berikan Tim Survey LPPM UMB untuk Kukerta Mahasiswa yang ke-23 Tahun 2023.

Tim Survey ke Merangin kali ini di laksanakan oleh Dr. Syafrialdi, S.Pi., M.Pi, Dedi Epriadi, S.Sos., M.Si, Afridasyam, S.Ak dan Roy Adwinata, SE. Kepala Bagian LPPM UMB.

Dedi Epriadi, S.Sos., M.Si menambahkan bahwa Kukerta merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, dan Kukerta yang di laksanakan oleh UMB memiliki Perencanaan serta Program Mahasiswa Kukerta yang tidak sama dengan Kukerta atau Kunjungan Kerja Nyata Kampus lainnya.

Foto Diskusi Tim Survey LPPM UMB untuk Kukerta Mahasiswa dan Kepala Desa Koto Renah bersama Masyarakat Desa Koto Renah.

“Kita sangat menyiapkan Mahasiswa kita dengan Perencanaan yang Detail maka bis akita pastikan Mahasiswa yang kukerta dapat bersinerji kepada Desa atau Dusun setempat sehingga keberadaan Mahasiswa Kukerta sangat membantu Desa atau Dusun yang di jadikan tempat Kunjungan Kerja Nyata Mahasiswa tersebut” Tegas Kabag LPPM Universitas Muara Bungo.

Kepala LPPM UMB menyampaikan hasil survey yang di lakukan mulai dari Jam 10.00 WIB hingga Jam 23.00 WIB, menemukan beberapa persoalan yang ternyata itu di alami oleh Mahasiswa dari kampus lain, yaitu ketidak mampuan menjalankan Kunjungan Kerja Nyata dan sangat jauh berbeda Ketika Mahasiswa UMB melaksanakan Kegiatan sejenis atau lebih di kenal oleh UMB dengan sebutan Kukerta.

Foto Kepala Desa Koto Renah dan Tim Survey LPPM UMB untuk Kukerta Mahasiswa bersama Masyarakat Desa Koto Renah.

“Kita selalu memberikan Penguatan dan Masukan kepada Mahasiswa yang akan melaksanan Kukerta, yang tentunya memiliki perbedaan dengan kampus – kampus lainnya” Tutup Ketua LPPM Universitas Muara Bungo, Dr. Syafrialdi, S.Pi., M.Pi

Demikian pula pengakuan dari beberapa Masyarakat dan Pemerintah Desa yang berada di Lingkungan Kecamatan Jangkat Kabupaten Merangin, yang menjelaskan bahwa Mahasiswa lain selain Mahasiswa UMB belum ada yang mampu sukses hingga membaur Bersama masyarakat setempat.

“Dulu pernah ada Mahasiswa lain yang menjalankan Praktek Kerja Nyata di wilayah kita ini tetapi sangat sulit membaur Bersama masyarakat, sangat jauh berbeda dengan Mahasiswa yang dating dari Kampus Universitas Muara Bungo, mampu beradaptasi dan rata – rata sukses menjalankan Program Kerja mereka” Tutur Age Marja dan Ilham Dua Tokoh Pemuda di Lingkungan Kecamatan Jangkat.



UMB Bersama Corien Centre gelar Pelatihan Persiapan memasuki Dunia Kerja
Rabu, 25 Jan 2023, 14:14:32 WIB, Dibaca : 21 Kali
Pemda Bungo Beri Perhatian Terhadap Pendidikan
Rabu, 25 Jan 2023, 08:02:09 WIB, Dibaca : 23 Kali
Pelepasa Kukerta Priode XXIII
Selasa, 24 Jan 2023, 13:11:17 WIB, Dibaca : 33 Kali

Tuliskan Komentar